Loading...
    

Cek Ongkir TIKI: Cara Cari Tahu TIKI Tarif Terlengkap dalam Sekali Klik


Pricing


Origin

Destination


Grams

Cek Ongkir TIKI - Bagi Anda yang sedang mencari jasa pengiriman terpercaya, PT Citra Van Titipan Kilat (perusahaan induk TIKI) adalah pilihan tepat. Perusahaan ini sendiri telah berdiri sejak tahun 1970, sehingga untuk urusan pengiriman paket mereka merupakan ahlinya. Selain itu, TIKI tarif juga cukup terjangkau dengan pilihan kirim barang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Belum lagi, sejak tahun 2015 perusahaan ini juga telah memanfaatkan teknologi dalam rangka memudahkan cek harga TIKI serta proses bisnisnya. Baik petugas maupun kurir telah dilengkapi dengan pengetahuan untuk menggunakan aplikasi online atau perangkat lunak khusus, mulai dari penyortiran hingga pengantaran barang ke lokasi tujuan.

Tetapi, dampak penggunaan teknologi ini tidak selamanya mulus. Konsumen terkadang masih ada yang kurang melek teknologi. Maka dari itu, artikel ini cukup penting Anda baca sampai selesai, karena di bawah ini akan dijelaskan dengan lengkap mengenai berbagai hal penting diketahui, mulai dari layanan, perhitungan berat untuk menentukan biaya pengiriman TIKI, serta cara mudah cek ongkir TIKI. Penasaran? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Jenis Jasa Pengiriman yang Disediakan

Saat ini, PT Citra Van Titipan Kilat menyediakan cukup banyak pilihan produk dan layanan, sehingga Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu sebelum mengetahui ongkos kirim TIKI ke tempat tujuan. Mereka melayani pengiriman ke seluruh Indonesia dan juga ke luar negeri, jadi Anda perlu memastikan layanan yang sesuai kebutuhan serta TIKI tarif sesuai anggaran. Berikut adalah beberapa di antaranya:

REG (Pengiriman Reguler)

Layanan pengiriman REG merupakan pilihan tepat jika Anda sedang tidak diburu waktu untuk mengirimkan paket, memadukan durasi standar dan juga TIKI ongkir tidak terlampau mahal. Lama pengiriman maksimal selama 3-5 hari kerja (tidak termasuk hari sabtu, minggu, atau juga libur nasional) tergantung jarak ditempuh.

ECO (Paket Ekonomis)

Kalau kebetulan berat paket Anda cukup besar, maka paket ECO sangat direkomendasikan. Meskipun durasi pengiriman agak lama, yaitu sekitar 7 hari kerja (tidak termasuk hari libur nasional dan akhir pekan), tetapi biaya pengiriman TIKI untuk jenis layanan ini paling terjangkau.

ONS (Pengiriman Sehari Sampai)

ONS atau Over Night Services merupakan layanan logistik dengan durasi pengiriman maksimal 24 jam saja (berlaku selain hari libur nasional atau akhir pekan), cocok bagi Anda pebisnis online yang ingin agar barangnya cepat sampai ke tangan konsumen. Meskipun begitu, tiki tarif untuk layanan ini lebih mahal dari REG dan ECO.

TDS (Pengiriman Dua Hari Sampai)

Untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen, perusahaan ini juga menyediakan layanan TDS atau Two Days Services, dengan durasi pengiriman selama 2 hari. Ongkos kirim TIKI untuk layanan ini sendiri bervariasi, tergantung tujuan pengirimannya.

SDS (Pengiriman Sampai di Hari yang Sama)

Bagi Anda yang butuh agar paket sampai di hari yang sama, maka layanan Same Day Services bisa jadi pilihan terbaik. Bisa dibilang, layanan ini merupakan pengiriman tercepat yang disediakan TIKI. Meskipun begitu, biaya pengiriman TIKI memang lebih mahal, sehingga lebih cocok untuk kiriman barang atau dokumen penting.

HDS (Layanan di Hari Libur)

Saat keadaan terdesak dan butuh agar paket Anda dikirimkan pada hari libur, maka HDS atau Holiday Services adalah pilihan tepat. Barang terkirim akan tetap diantarkan ke alamat tujuan meskipun di hari libur nasional atau akhir pekan. Tapi perlu diingat, biasanya TIKI ongkir untuk layanan ekstra juga lebih mahal.

TRC (Pengiriman dengan Truk)

Kalau bobot paket yang akan Anda kirimkan cukup berat seperti sepeda motor atau furnitur, layanan TRC atau Truck Services cocok dipilih. Syarat utama untuk pengiriman adalah berat minimal paket 10 kg dan akan diantarkan menggunakan armada truk hingga sampai ke tujuan. Ongkos kirim TIKI untuk layanan ini flat, sehingga Anda tidak perlu khawatir estimasinya harganya berbeda jauh saat pengecekan.

Barang Terlarang untuk Dikirim

Setelah mengetahui berbagai jenis layanannya, Anda juga perlu cari tahu paket yang akan dikirim termasuk ke dalam kategori barang terlarang untuk dikirim atau tidak. Hal ini penting diketahui, agar saat cek harga TIKI tidak sia-sia dan barang dapat benar-benar dikirim. Beberapa barang yang dilarang antara lain adalah:

  • Hewan atau tanaman hidup yang dilindungi oleh Undang-Undang Indonesia.
  • Kartu pos atau juga warkat pos.
  • Uang kertas atau koin, baik mata uang Rupiah atau asing.
  • Perhiasan atau barang bernilai tinggi lainnya.
  • Emas, permata, atau juga logam mulia.
  • Narkotika atau obat terlarang lainnya termasuk kategori psikotropika.
  • Barang berbahaya, baik yang mudah meledak, menyala atau juga terbakar sendiri.
  • Senjata api dan amunisinya.
  • Barang cetakan seperti majalah, buku, atau benda lain dengan konten pornografi dan melanggar asusila.

Cara Menghitung Berat Paket

Langkah selanjutnya dan penting untuk diketahui sebelum cek ongkir TIKI adalah menghitung berat paket. Saat ini, TIKI memberlakukan penghitungan berat barang berdasarkan berat asli barang atau volume. Nantinya, tiki ongkir akan ditentukan menggunakan berat paket sebenarnya atau berdasarkan volumetrik (vw) dan akan dipilih perhitungan berat yang lebih besar.

Untuk menghitung berat asli barang cukup mudah, Anda hanya harus menimbangnya menggunakan alat timbangan lalu mencatat berat tersebut. Sedangkan untuk menghitung volumetrik, bisa menggunakan rumus berikut ini memudahkan konversi menjadi berat, yaitu:

Panjang x Lebar x Tinggi (dalam cm) / Rp 6.000

Contohnya, Anda berencana untuk mengirim rak portabel berukuran panjang 90 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 8 cm, maka perhitungannya menjadi (90 x 40 x 8) / 6.000. Hasilnya adalah 4,8 kg. Jika ternyata berat rak tersebut hanyalah 2 kg, maka estimasi berat yang dimasukkan saat cek harga TIKI adalah 4,8 kg. Lain halnya jika ternyata berat asli rak adalah 6 kg, maka yang dimasukkan adalah 6 kg.

Cara Mengecek Ongkos Kirim

Sekarang Anda telah mengetahui tentang jenis layanan, barang terlarang untuk dikirim, dan juga estimasi berat paket menggunakan rumus volumetrik. Selanjutnya, langkah terakhir yang perlu dilakukan hanya cek ongkir TIKI. Cara untuk melakukannya juga terbilang mudah, cukup ikuti langkah demi langkah di bawah ini.

  • Masukkan kota asal dan tujuan paket pada kolom pencarian.
  • Masukkan berat paket sesuai dengan estimasi yang sudah dihitung menggunakan cara penghitungan pada poin sebelumnya (gunakan berat asli jika ternyata lebih tinggi dibanding volumetrik).
  • Klik atau tap tombol ‘Cek Tarif’ pada sebelah kanan / bagian bawah kotak pencarian.
  • Detail tentang tiki ongkir akan muncul di bagian bawah kolom pencarian, lengkap dengan nama layanan yang dapat Anda pilih.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk dapat mengetahui biaya pengiriman TIKI dengan mudah. Dengan mengikuti beberapa poin di atas, Anda tidak perlu takut lagi kebingungan saat mengirim paket. Cukup buka kembali artikel untuk memastikan langkah yang dilakukan sudah benar. Jika masih kebingungan, petugas di konter pengiriman juga dengan senang hati akan membantu. Jadi, sudah siap mengirim paket hari ini? Selamat mencoba!