Loading...
    

Cek Ongkir Wahana: Langkah Terlengkap untuk Mencari Tahu Wahana Tarif Paket Anda


Pricing


Origin

Destination


Grams

Cek Ongkir Wahana - Di tengah banyaknya perusahaan logistik meramaikan tanah air, nama PT Wahana Prestasi Logistik atau dikenal dengan nama lain Wahana Express adalah pilihan menarik bagi Anda yang mencari jasa pengiriman paket dengan Wahana tarif yang lebih terjangkau. Perusahaan ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1998, dengan awalnya hanya melayani pengiriman dokumen dalam kota Jakarta saja.Sejak tahun 2002, perusahaan ini pun bertransformasi dengan mengembangkan pengirimannya tidak hanya di dalam Jakarta saja, tetapi ke berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Mereka juga akhirnya tidak melayani pengiriman dokumen dengan ongkos kirim Wahana lebih murah saja, melainkan juga barang atau juga cairan. Armada juga kini sudah cukup besar, dengan jangkauan di 5.000 wilayah seluruh Indonesia, 2.500 lebih karyawan, dan 250 armada truk, menjadikannya sebagai perusahaan logistik yang cukup diperhitungkan.

Selain itu, mereka juga sudah menerapkan teknologi untuk semua proses bisnisnya, mulai dari pengiriman sampai cek harga Wahana bisa diakses dengan lebih mudah oleh konsumen. Tetapi, jika ternyata Anda masih kebingungan mengenai cara untuk mengetahui biaya pengiriman Wahana atau juga layanan apa saja yang dapat dipilih, maka ada baiknya Anda membaca artikel berikut ini agar lebih paham. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Jenis Jasa Pengiriman yang Dimiliki

Hal pertama dan penting diketahui sebelum cek ongkir Wahana adalah mengetahui tentang beberapa layanan pengiriman yang disediakan perusahaan. Saat ini ada 4 jenis layanan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, meliputi:

Domestik Express (Layanan Reguler)

Kalau Anda membutuhkan jasa pengiriman domestik ke seluruh wilayah Indonesia, maka ‘Domestik Express’ adalah pilihan terbaik. Dengan Wahana ongkir ekonomis, paket Anda akan dikirimkan oleh kurir sampai ke kota tujuan hanya dalam kurun waktu 2 sampai 7 hari saja, tergantung kota tujuan kiriman. Biaya pengiriman Wahana untuk jenis layanan ini juga flat, sehingga lebih murah dan cocok untuk pebisnis online.

Prioritas (Layanan Ekspres)

Untuk konsumen dengan kebutuhan kiriman paket ekspres, maka layanan ‘Prioritas’ adalah pilihannya. Jenis kiriman ini cocok untuk Anda yang mengutamakan efisiensi waktu untuk pengiriman paket. Durasi pengirimannya juga lebih cepat, sekitar 1 sampai 2 hari kerja (di luar libur nasional dan akhir pekan). Meskipun begitu, Wahana tarif juga lebih mahal dari layanan Domestik Express.

Tujuan Khusus

Berbeda dengan 2 jasa pengiriman sebelumnya, ‘Tujuan Khusus’ merupakan layanan dari khusus untuk mengirimkan dokumen atau barang dengan tujuan gedung apartemen atau perkantoran di wilayah tertentu. Biaya pengiriman Wahana untuk kiriman menggunakan layanan ini agak sedikit lebih mahal dari paket reguler, walaupun masih tetap terjangkau dibandingkan dengan kompetitornya.

Freight Transportation (Pengangkutan Barang)

Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengirim paket dalam volume besar menggunakan armada truk perusahaan. Sangat cocok sebagai jembatan untuk pengiriman berbeda jenis transportasi, seperti kereta api, kapal laut, serta pesawat. Truk logistik nantinya akan mengantar paket Anda hingga titik keberangkatan masing-masing transportasi tujuan. Wahana ongkir untuk paket ini memiliki perhitungannya sendiri, semakin berat paket, maka harganya pun semakin terjangkau.

Barang Terlarang untuk Dikirim

Jika Anda sudah tahu beberapa layanan yang dimiliki dan bisa memilih sesuai kebutuhan, hal selanjutnya dan tidak kalah penting diketahui sebelum mencari tahu ongkos kirim wahana adalah tentang ketentuan paket yang dilarang untuk dikirim. Apakah paket Anda termasuk ke dalam kategori barang terlarang untuk dikirim atau tidak? Beberapa barang yang dilarang antara lain adalah:

  • Uang tunai dan surat berharga seperti cek dan giro.
  • Handphone atau sejenisnya.
  • Perhiasan dan logam/batu mulia.
  • Barang mudah terbakar, meledak, atau menimbulkan bau.
  • Barang yang berpotensi merusak barang lainnya.
  • Senjata tajam, senjata api, dan airsoft gun.
  • Minuman beralkohol seperti bir atau spirit.
  • Narkotika dan obat-obatan terlarang.
  • Barang cetakan maupun rekaman seperti CD atau DVD dengan konten pornografi.
  • Cairan dalam bentuk apapun (khusus di luar Pulau Jawa, Bali, dan Lampung).
  • Barang bernilai tinggi seperti keramik, lukisan, atau arca bersejarah.
  • Binatang atau tanaman hidup.
  • Makanan mudah basi atau rusak.
  • Bagian dari hewan langka yang diawetkan atau sudah mati.
  • Abu tubuh dan organ manusia.
  • Semua jenis limbah.

Cara Menghitung Berat Paket

Saat ini, semua perusahaan logistik di seluruh Indonesia memberlakukan penghitungan khusus jika Anda bermaksud barang dengan volume cukup besar. Nantinya, berat barang akan dihitung berdasarkan berat asli barang atau volume, tergantung pada mana yang lebih besar. Hal ini akan mempengaruhi Wahana ongkir atas barang Anda. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda hanya perlu membandingkan antara berat asli dan konversi berat berdasarkan volumetrik. Agar dapat menghitung berat atau volume dengan mudah, Anda hanya perlu mengikuti cara berikut ini!

Hitung Berat Asli Barang

Untuk mengetahui berat asli paket, Anda harus menimbangnya menggunakan alat timbangan digital atau konvensional. Setelahnya, catat berat barang tersebut untuk perbandingan.

Hitung Volumetrik Barang

Selanjutnya, hitunglah volumetrik atau konversi volume menjadi berat atas paket tersebut. Anda bisa menggunakan rumus berikut ini memudahkan konversinya, yaitu:

Panjang x Lebar x Tinggi (dalam cm) / Rp 6.000

Contohnya, Anda berencana untuk mengirim meja belajar berukuran panjang 100 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 30 cm, maka perhitungannya menjadi (100 x 60 x 30) / 6.000. Hasilnya adalah 30 kg. Kalau ternyata berat rak tersebut hanyalah 10 kg, maka estimasi berat yang dimasukkan saat cek ongkir Wahana adalah 30 kg. Namun, kalau ternyata berat asli barang malah 35 kg, maka yang dimasukkan adalah 35 kg.


Cara Cek Ongkir Wahana

Akhirnya kita sampai juga pada cara untuk cek ongkir Wahana. Dengan mengetahui cara ini, nantinya Anda bisa tahu estimasi Wahana tarif sebelum mengantarkannya ke agen pengiriman terdekat. Untuk dapat mengetahui ongkir tersebut, berikut adalah caranya.

  • Masukkan kota asal dan tujuan paket pada kolom pencarian.
  • Masukkan berat paket sesuai dengan estimasi yang sudah dihitung menggunakan cara penghitungan pada poin sebelumnya (gunakan berat asli jika ternyata lebih tinggi dibanding volumetrik).
  • Klik atau tap tombol ‘Cek Tarif’ pada sebelah kanan / bagian bawah kotak pencarian.
  • Detail tentang Wahana ongkir akan muncul di bagian bawah kolom pencarian, lengkap dengan nama layanan yang dapat Anda pilih.

Setelah mengetahui tentang layanan pengiriman yang akan dipakai, barang termasuk kategori dilarang atau tidak, serta mengetahui tentang ongkos kirim wahana, kini Anda pun siap untuk mengirim barang bersama perusahaan logistik dengan biaya terjangkau ini.Jika masih ragu saat cek ongkir Wahana, jangan ragu untuk menanyakan pada petugas atau agen pengirim di tempat Anda. Biasanya mereka akan dengan senang hati memberi penjelasan tentang Wahana tarif kepada Anda. Artikel ini juga bisa menjadi rujukan, sehingga lebih bijak rasanya jika membaca kembali beberapa poin di atas. Selamat mengirim paket!